7/19/2010

Dengan Batik Jadi Gaya


Bicara batik ya Indonesia gudangnya. Bukan Malaysia yang mencoba klaim warisan budaya asli bangsa ini. Bukan juga Cina yang coba berjualan batik di beberapa pasar di tanah air. Tapi batik Indonesia is masterpiece. Tidak percaya? Coba saja bandingkan batik Indonesia dengan batik dari negera lain. Berbeda kualitasnya. Pola batik Indonesia itu unik, orisinil dan bercita rasa tinggi. Baju batik saya dilukis dengan tangan, bukan dicetak dengan mesin. Sebuah kebanggan buat saya menggunakan warisan budaya bangsa sendiri. Sudah punyakah anda baju batik?

Membeli batik mudah sekarang ini. Tinggal pilih mau batik mana. Ada batik Solo, Pekalongan, Cirebon, Tuban, dll. Meski batik warisan dari masa lalu, ia bukan barang antik yang ketinggalan kereta modernitas. Lihat saja, motif batik-batik sekarang beragam dan adakalanya disesuaikan dengan perkembangan gaya hidup orang sekarang. Batik tidak cuma buat sarung, kemeja, kebaya yang fungsinya banyak digunakan untuk acara-acara formal yang biasanya juga digunakan orang-orang tua. Tapi, kini batik jadi tren fashion. Lihat saja, anak-anak muda sekarang pakai batik untuk ke pesta, berpacaran, nonton bioskop dan sebagainya. Batik juga didesain untuk t-shirt yang trendi. Ada juga yang diciptakan untuk sepatu, tas tangan, kimono bahkan ada saya lihat pola batik pada helm.
Pokoknya, kita harus cinta batik! cinta batik sama dengan cinta Indonesia! Pemerintah pun mendukung batik, dibuktikan dengan hari kerja Jumat para karyawan seluruh Indonesia wajib pakai batik. Pemerintah juga membina perajin-perajin batik tradisional yang ada di seluruh Indonesia.
Satu yang menarik, di tengah gemuruhnya laju dunia internet yang demikian pesat, batik pun ikut bermain di dalamnya. Tak percaya? Lihat saja batik kini dijual secara online lewat situs atau blog. Satu situs yang paling lengkap yang saya lihat adalah tubancraft.com. Situs ini mengkhususkan diri menjual batik-batik asal Tuban. Tersedia berbagai motif dan style batik tuban dengan harga-harga yang relatif terjangkau buat konsumen.
Yang menarik, disediakan juga batik gedok. Batik satu ini sudah merupakan barang langka. Wikipedia menyebutnya sebagai warisan dari pertengahan abad 19. Batik ini khas karena langsung dipintal dengan kapas menggunakan tangan dan peralatan tradisional. Batik ini yang membedakan dengan batik dari daerah lain.
Beragam motif dan produk di situs ini, mulai dari kemeja, sepatu, tas, asesoris, sarung bantal, kaos, bahkan notebook cases pun ada.
Situs ini juga menyediakan berbagai artikel terkait dengan batik tuban. Ada tips membedakan batik asli atau palsu. Juga ada artikel cara merawat batik tuban, cara berbusana dan cara memilih ukuran yang pas.
Silakan anda kunjungi tubancraft.com dan pilih batik yang anda sukai. Sesuaikan dengan kebutuhan dan isi kantong anda. Cara berbelanja di sana pun sangat mudah. Layanan konsumennya lengkap mulai dari telepon, chatting, dan shopping chart. Ada 3 bank besar yang disediakan mereka untuk anda transfer, bahkan melayani sistem pembayaran paypal. Disediakan juga menu tanya jawab seputar cara memesan barang, pembayaran, pengiriman, garansi dan sebagainya. Cukup lengkap dan memudahkan para pembeli.
Sekarang saatnya anda mencintai budaya anda sendiri. Batikkan dirimu sekarang juga!

Artikel Terkait Lain



0 komentar:

Blog Widget by LinkWithin
 

Jurnalisme Blog. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com