8/20/2009

Islamophobia, Teroris dan Shahrukh Khan



Teroris menteror setiap orang? Mungkin iya, paling tidak secara psikologis. Bahkan mungkin menimbulkan semacam paranoid berlebihan. Kita jadi saling curiga dengan setiap orang. Kewaspadaan memang perlu untuk mencegah aksi teror di masa mendatang, tapi kecurigaan membuat kita jadi paranoid atau ketakutan berlebihan. Apalagi terbetik kabar, perempuan bercadar, pria berjenggot dirazia - Pihak Kepolisian sendiri membantah berita razia ini.
Ini sikap paranoid berlebihan. Setiap ada aktifitas teroris, pesantren atau wajah orang Islam dilirik dengan sikap yang aneh. Paranoid semacam ini tidak cuma terjadi di Indonesia, di belahan dunia lain pun berlaku. Bahkan Amerika Serikat, memiliki paranoid lebih dari Indonesia.

Apa yang terjadi pada superstar Bollywood Shahrukh Khan, menunjukkan sikap paranoid AS pada teroris. Baru-baru ini ia ditahan di bandara Newark Airport in Newark, New Jersey, AS, karena ia memiliki nama Khan yang beraroma muslim. Ketika ia melewati petugas pemeriksaan dan menyerahkan paspor atau visa, nama Khan masuk dalam daftar teroris yang diwaspadai di Amerika.
Tak peduli Khan adalah bintang terkenal, petugas langsung menginterogasi. Menurut Khan ia merasa keberatan karena tempo interrogasi pada dirinya cukup lama. Ia sempat ditanya urusan apa datang ke Amerika.
Berita ini sontak menggemparkan dunia. Islamophobia menjadi isu hangat yang diperbincangkan di media AS dan India menyangkut kasus Khan. Sebagian memaklumi phobia ini karena setelah peristiwa 9/11 teroris menjadi isu yang mengkhawatirkan Amerika.
Bagaimana di Indonesia? Sejauh ini, mungkin kita belum menjadi paranoid seperti itu. Meski bisik-bisik islamphobia juga santer terdengar. Tapi, harapan kita, aparat tetap menjalankan tugasnya tanpa membuat kita saling curiga satu sama lain.
Teroris memang harus ditangkap. Teroris tidak identik dengan agama tertentu, meski mereka memiliki keyakinan dan agama tertentu.


Artikel Terkait Lain



0 komentar:

Blog Widget by LinkWithin
 

Jurnalisme Blog. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com