6/04/2009

Apalah Arti Sebuah Email



Saya tidak akan menulis panjang lebar soal kasus Email Prita Mulyasari yang menghebohkan itu, karena anda sudah pasti sudah tahu. Saya cuma sedikit salut dengan banjirnya perhatian terhadap peristiwa ini. Mulai dari Presiden, Capres, Departemen Kesehatan, Departemen Hukum & Ham, Depkominfo, Kejaksaan, Polri, Komnas Ham, YLKI, DPR, dan seterusnya. Itu berawal dari secarik email yang dikirim Prita Mulyasari kepada teman-temannya. Kelihatannya sepele, tapi isi email itu membuat RS Omni Internasioal meradang hebat. Hingga akhirnya, Prita pun mendekam di balik penjara.

Apa yang membuat email itu mencekam Omni Internasional? Jelas dalam email Prita Mulyasari terdapat kata-kata yang menurut mereka merusak imej. Tapi, hukum begitu mudah dipancungkan pada sebuah email dengan tuduhan pencemaran nama baik. Singkat cerita, pengadilan Prita yang dimulai hari ini mesti dikawal ketat agar kasus serupa tidak terjadi di kemudian hari. Ini untuk pertama kali, sebuah email mampu menjebloskan si pembuatnya ke dalam penjara dalam sejarah Informatika Tehnologi Indonesia. Kebebasan berpendapat, sesuai dengan kebenaran, adalah mutlak. Email yang sesuai dengan fakta semestinya dikirimkan ke seluruh dunia. Dukung Prita Mulyasari!

Artikel Terkait Lain



0 komentar:

Blog Widget by LinkWithin
 

Jurnalisme Blog. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com