11/29/2008

Tentang Sebuah Bendera



Mick Jagger, dengan tubuh banjir keringat, mengenakan kaus bendera Inggris ketika tampil di Panggung. Lain waktu, ada juga orang bule di negeri sana, mengenakan bendera yang dijadikan celana kolor. Pernah juga, semacam kain penutup payudara dengan motif bendera dikenakan dengan rileksnya. Apakah arti sebuah bendera buat mereka?


Di sini, bendera dikeramatkan, disucikan sebagai lambang negara. Boro-boro dijadikan kaus singlet, dituliskan sesuatu di atasnya adalah dosa. Grup musik Dewa 18 dalam salah satu video klpi-nya, menuai protes karena bendera sang saka merah putih tidak cuma berwarna merah dan putih, tapi ada motif lain di atasnya, simbol grup musik. Apakah arti bendera buat Ahmad dani dan kelompoknya?
Tiba-tiba saja, Roy Suryo, meradang demi mengetahui bendera merah dan putih itu tidak lagi orisinil. Tak kurang pihak istana pun protes keras kepada Ahmad Dani. Untungnya, Dani cepat merespon dengan melepas bagian adegan bendera merah putih tersebut.
Merah dan Putih itu memang dikeramatkan. 63 tahun silam, di depan sebuah hotel bernama Yamato, bendera itu dikibarkan di antara desing peluru musuh bangsa ini. Bahkan Bung Karno demi menyelamatkan bendera pusaka yang pertama kali dijahit Ibu Fatmawati harus memisahkan dua warna itu demi keselamatan bendera itu sendiri. Perjuangan untuk Merah dan Putih itu luar biasa dahsyat. Air dan darah membasahinya. Dia tidak cuma sekadar dua warna.


Artikel Terkait Lain



1 komentar:

rudytarigan on 10:03 AM said...

BTW, email me pls kawasts@gmail.com for talk more,....

Blog Widget by LinkWithin
 

Jurnalisme Blog. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com