10/18/2007

Tips Menulis Dari Stephen King



Sebagai seorang penulis top dunia, Stephen King
sudah menghasilkan banyak novel-novel bergenre horor, thriller dan misteri. Sebagian besar dari novel atau cerita pendeknya sudah difilmkan. Novel-novel laris penulis ini menjadikan dirinya sebagai the king atau raja fiksi horor. Apa rahasianya?
Untuk jago dalammenulis ada 1001 jalan. Kamu bisa ikut kursus menulis, membaca buku, atau menyimak tips dari penulis terkenal. Sekali ini, kami sajikan tips dari Stephen King, khusus buat kamu yang setia dengan blog ini!



1.Langsung Pada Tujuan
Jangan habiskan waktu pembaca kamu dengan bertele-tele kisah dari masa lalu pelaku, pembukaan kisah yang panjang atau hal-hal yang lucu. Kurangi suara gaduh. Kurangi berakap-cakap. King punya tehnik yang langsung dan cepat pada konflik atau ketegangan. Lakukan ini dengan cepat sebelum pembaca habis kesabaran dan mencampakkan karya anda.

2. Rancang Cerita dan Endapkan Sesaat

King menyarankan kamu untuk menulis rancangan cerita dan kemudian menyimpannya ke dalam laci. Biarkan ia istirahat di sana!Terserah mau berapa lama. King menyimpan naskahnya beberapa bulan sebelum dibaca ulang dan proses pengeditan. Cara ini untuk melepaskan diri dari kekusutan pikiran ketika menulis naskah dan mendapatkan pikiran atau sudut pandang yang jernih atas naskah yang telah kita buat. Jadi lebih enteng mengedit, mengkoreksi, menambah, bahkan membabat dengan kejam bagian-bagian yang tak perlu. Hasilnya pasti lebih bagus dan tajam.


Artikel Terkait Lain



2 komentar:

aroengbinang on 3:14 PM said...

yang gak kalah pentingnya adalah terus menerus mengisi sumur jiwa agar tidak pernah kering ditimba isinya...

salam lebaran, mohon maaf lahir batin :)

Penulis on 8:49 AM said...

Kabar gembira!! Buat yang suka nulis-nulis, buat penulis muda, buat para blogger, buat temen2 yg hobi nulis tapi belum bisa buat buku, belum percaya diri, sekarang sudah ada medianya, PenulisIndonesia.com, kayak Friendster tapi khusus buat yang hobi nulis, penulis, pujangga, penulis naskah, blogger... fasilitasnya juga cukup oke, lengkap dgn alamat pribadi untuk profil, blog, dan album...ada chatnya juga loh :)
Baru dibuka 1 Januari 2008 lalu, skrg membernya sudah 300an :) rame buanget loohh aktifitasnya!!
Cepetan gabung ya :)
di sini alamatnya :
http://www.penulis-indonesia.com atau tanpa tanda -
http://www.penulisindonesia.com

Blog Widget by LinkWithin
 

Jurnalisme Blog. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com