1/05/2010

Burj Dubai: Pencakar Langit Tertinggi di Dunia



Beberapa negara berlomba membangun gedung tertinggi di dunia. Malaysia bangga dengan menara Petronas-nya, atau Taiwan dengan Taipei 101-nya. Tapi, rekor pencakar baru tertinggi ditorehkan oleh Gedung Burj Dubai di Emirat Arab. Senin kemarin, gedung ini diresmikan. Ongkos pembangunannya cukup bikin kita menelan ludah:US$ 20 miliar!

Perusahaan asal Amerika Serikat merancang gedung ini bekerjasama dengan salah satu perusahaan properti raksasa Emirat Arab. Dibangun sejak tahun 2004, gedung ini memiliki 160 lantai, tinggi 800 meter. Sementara itu rekor sebelumnya Taipei 101 hanya setinggi 508 meter.
Bentuk bangunan yang unik, seperti jarum, gedung ini tampak begitu gagah membelah angkasa. Fasilitas di dalam gedung ini mungkin hanya bisa dinikmati orang-orang berkocek tebal. Ada perkantoran, hotel, apartemen dan sebagainya. Fasilitas super mewah pun disediakan di dalam.

Mulai dari kolam renang, hotel, restoran, tempat parkir luas (menampung 3000 kendaraan), sipermarket, perpustakaan dan sederet kenyamanan lain. Semuanya kelas satu.
Untuk akses ponsel, tak akan pernah terjadi sinyal terputus, karena disediakan fasulitas khusus untuk layanan HP. Lebih takjub lagi, pengguna internet memiliki akses dengan kapasitas 10 GB/detik.
Bayangkan saja, di dalam gedung ini terhampar 11 hektar taman lengkap dengan air mancur.
Untuk sekadar menikmati kemegahan gedung ini, para turis bisa memasuki ruang pandang di lantai 124. Dari ruang ini, para turis bisa menikmati seantero Dubai dan kawasan teluk seluas 50 mil. Siapa pun bisa menikmati panorama ini dengan harga tiket tertentu.

Artikel Terkait Lain



1 komentar:

parfum murah on 6:23 PM said...

nice posting

Blog Widget by LinkWithin
 

Jurnalisme Blog. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com