8/04/2009

GamelaTron, Gamelan Robot



Negeri ini kaya dengan budaya. Tapi, kecintaan akan budaya itu bagi sebagian orang mungkin memudar seiring perkembangan jaman. Apalagi, tehnologi yang semakin canggih membuat kita semakin menjauh. Kadang, orang luar, yang justru menaruh minat pada hasil budaya kita. Contohnya sudah banyak. Malah yang ini mungkin gebrakan hebat karena sesuai dengan situasi terkini. Gamelan, alat musik Jawa dan Bali itu kini menjadi piranti elektronik yang dimainkan memakai laptop. Namanya pun menjadi GamelaTron.

Sebagaimana yang dilaporkan Reuters GamelaTron ini direkayasa oleh musisi Amerika Eric Singer dan Taylor Kuffner. Beberapa perangkat seperti gending, silofon, drum, gong, dan lonceng ada yang berusia satu abad. Di sini tak ada manusia yang menabuh gamelan itu. Yang ada adalah tangan-tangan mekanik yang dikendalikan oleh program dari sebuah laptop. Setiap istrumen itu terhubung oleh chip yang yang menggerakkan mekanik. Sehingga terdengar alunan gending yang indah.
Hebatnya lagi, GamelaTron kini digemari di Amerika. Beberapa tur tengah dijalani sang gamelan canggih tersebut.
Kapan kita bisa sekreatif itu?

Photo by PascalCharlesPetit.com

Artikel Terkait Lain



0 komentar:

Blog Widget by LinkWithin
 

Jurnalisme Blog. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com