7/09/2008

Ketika Musim Partai Tiba



Lebih kurang 34 partai diumumkan oleh sebuah lembaga di negeri ini yang berhak ikut pemilihan umum 2009. Jumlah yang luar biasa. Apa artinya buat saya? Nothing! Apa artinya buat negeri ini? Juga nothing. Partai yang banyak tidak cukup mewakili kecerdasan berpikir dan bersikap anak negeri ini dalam berpolitik. Saya sendiri sampai hari ini bodoh urusan politik.


Padahal cukup banyak juga literatur, debat, film politik yang sudah saya telan bertahun-tahun. Politik, kata orang bijak, mudah dipelajari lewat perilaku politikus yang berkuasa di sebuah negeri ini. Apa yang mereka ajarkan buat kita semua? Tak lebih dari kemenangan hanya untuk personal, kelompok, partai dan kekuasaan itu sendiri. Seharusnya, kemenangan milik bersama. Tapi, kenapa ada yang menang dan kalah? Pesta politik dalam sebuah PEMILU menggunakan uang negara yang tidak sedikit. Partai-partai yang bejibun itu pun harus dibiayai oleh negara. Apa yang mereka cari?
Mari kita tanyakan pada tabung gas ukuran 3 kg.

Artikel Terkait Lain



1 komentar:

Boim Lebon on 11:49 PM said...

malem...wah nice blog ni....salam kenal dari waroeng kopi...boleh tukeran link ga??

Blog Widget by LinkWithin
 

Jurnalisme Blog. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com