9/20/2007

Kenakan Celanamu dan Menulislah!



Banyak orang pengen jadi penulis dihadang berbagai persoalan ringan dan berat. Yang ringan, misalnya, soal tidak punya pena, kertas, mesin tik atau celana. Yang berat, bisa berupa, stok kata yang sedikit dikepala, bingung dengan tehnik, takut salah tulis, pengen cepat sukses tapi gak pakai lama. Segudang alasan lain masih ada, tapi tak perlu disebutkan lagi. Padahal sebetulnya menulis itu gampang, kata Arswendo Atmowiloto.



Jadi, begini. Tidak perlu lagi ada tetek bengek alasan cengeng. Kalau kamu tahu betapa banyak penulis sukses dengan topan badai yang merintangi langkah mereka. Lain waktu saya akan tulis profil mereka dan jenis kesulitan-kesulitan mereka sebelum menjadi penulis.
Masih pengen jadi penulis terkenal, kan? Ambil penamu atau punya tetangga, kenakan celana (masa bekerja dalam keadaan telanjang?) dan menulislah! Apa saja bisa ditulis. Mulai dari soal sepele, yang di depan mata, di depan hidung. Biar seru, tambahin bumbu-bumbu yang mendebarkan. Jangan takut diketawain orang lain. Pokoknya, jangan takut salah. Sedikit lama parkir di kalimat tertentu itu biasa. Karena pemula butuh kelenturan dalam mengolah kata, meracik kalimat. Nanti, juga terbiasa. Kalau mau jadi seperti maradona, berlatihlah sepakbola. Kalau mau seperti JK Rowling, ya menulislah!
Sampai ketemu di serial tulisan tentang penulisan buat pemula!ciao!

Artikel Terkait Lain



0 komentar:

Blog Widget by LinkWithin
 

Jurnalisme Blog. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com