8/10/2009

Robot Penggebuk Teroris di Temanggung



Jika anda perhatikan video berita tentang menggerebakan teroris di Temanggung, ada sosok yang berjalan pelan-pelan melintasi halaman rumah dan mencelup masuk ke dalam rumah target. Itu adalah robot militer yang ikut menumpas teroris. Robot ini memang hebat. Dia bisa mengambil gambar, video ataupun memindahkan benda-benda. Tapi robot ini, meski kecil, harganya cukup mahal.

Menurut MenRisTek Kusmayanto Kadiman, harga per unit bisa mencapai 1 milyar. Tapi nilai sepadan dengan kehebatannya. Lihat saja ketika aksi penyergapan berlangsung, robot itu bekerja dengan maksimal. Dengan bantuannya, polisi berhasil melumpuhkan seseorang yang disangka teroris di dalam rumah tersebut.
Robot itu bikin luar negeri. Sementara robot bikinan dalam negeri sudah ada, tapi mungkin belum bisa digunakan karena masih tahap pengembangan. Nama robot lokal itu, Morolipi, buatan LIPI.

Artikel Terkait Lain



0 komentar:

Blog Widget by LinkWithin
 

Jurnalisme Blog. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com