7/29/2008

20 Aturan Menulis dari Erica Jong



Erica Jong, salah seorang penulis wanita termuka yang telah menjual novelnya berjuta-juta copy. Ia juga seorang penyair, esais dan kolumnis terkemuka. Sangat menarik membaca salah satu artikelnya yang di posting di dalam blog miliknya tentang aturan-aturan menulis.
1. Punya Keyakinan – Bukan Sinisme
2. Berani Bermimpi
3. Lepaskan Pikiranmu
4. Menulis Untuk Kesenangan




5. Cari Pembaca Membalik Halaman
6. Lupakan Politik
7. Lupakan Intelektualitas
8. Lupakan Ego
9. Jadi Seorang Pemula
10. Terima Perubahan
11. Jangan Mengira Pikiranmu Butuh Perubahan
12. Jangan Harapkan Kepuasan dari Pernyataan Puas (orangtua, politisi, sekolah, teman, dll)
13. Gunakan segalanya
14. Ingat bahwa menulis itu adalah sikap kepahlawanan
15. Lupakan kritik
16. Ungkapkan kebenaran
17. Tetap Membumi
18. Menulis untuk anak-anak
19. Ingat untuk tetap liar
20. Tidak ada aturan


Artikel Terkait Lain



1 komentar:

Anonymous said...

posting ini menarik.
poin2 yang disebutkan, menampar saya punya kesalahan. ok, sebagai seorang penulis awal, saya masih mencari bentuk tulisan saya. dari seluruh poin yang disebutkan, hanya poin sepuluh yang saya punya. asyem ki. ternyata saya belum apa-apa.

lilih prilian ari pranowo
www.kutu-baca.blogspot.com

Blog Widget by LinkWithin
 

Jurnalisme Blog. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com